7 Tips Dalam Olahraga Lari Yang Bisa Kalian Lakukan Sebagai Pemula

Image Source
Berlari merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan, bisa dikatakan mudah karena tidak memerlukan banyak hal untuk melakukan olahraga ini, cukup membutuhkan niat yang kuat, konsisten, dan pastinya sepatu.

Beda halnya dengan olahraga seperti Sepak Bola, Basket, Voly, yang pastinya lebih membutuhkan banyak hal agar olahraga tersebut bisa berjalan, seperti ring basket, bola, net voly, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah lari adalah salah satu olahraga pilihan yang bisa dilakukan dengan cara yang tidak terlalu ribet karena tidak memerlukan banyak hal, tidak kalah penting dengan olahraga yang lain lari juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketika hendak melakukan olahraga lari alangkah baiknya jika kita mempersiapkan segala hal dengan baik dan matang, supaya tidak terjadi hal hal yang diluar rencana, cidera salah satu contohnya.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika hendak melakukan olahraga lari, semoga bisa bermanfaat.

1. Niat Yang Dalam

Ketika kalian ingin memulai olahraga lari, kalian dianjurkan untuk mengumpulkan niat yang cukup untuk melakukan olahraga ini, karena tanpa niat yang cukup dikhawatirkan nantinya kalian tidak bisa konsisten dalam melakukannya.

2. Jaga Pola Tidur

Orang dewasa umumnya dianjurkan untuk tidur sekitar 7 jam dalam sehari, pola tidur juga berpengaruh kepada kualitas lari kita, ketika jam tidur kita kurang biasanya kita akan lebih cepat lelah ketika berlari.

3. Pemilihan Sepatu Yang Baik

Pastikan kalian menggunakan sepatu yang memang diperuntutkan untuk digunakan berolahraga, pemilihan sepatu yang tidak beraturan bisa membuat pola gerak ketika berlari akan terasa tidak nyaman, gunakan sepatu yang ukurannya pas bagi kedua kaki, dan juga beban sepatu tidak terlalu berat.

4. Pemanasan

Pemanasan bertujuan untuk membuat otot otot tubuh menjadi lebih lemas, jika kalian tidak melakukan pemanasan sebelum berlari maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi cidera, dan jika sudah cidera biasanya kalian akan kapok dan tidak mau melakukan olahraga ini lagi.

5. Lari Jangan Terlalu Kencang

Ketika kalian memulai lari, di awal awal jangan langsung gas pol melaikan berlari pelan (hampir seperti berjalan) karena jika kalian langsung kencang di awal awal maka bisa saja nafas kalian akan mudah habis, maka sebaiknya di 100 meter pertama cobalah untuk lari santai, kemudian kecepatanya di tingkatkan sedikit demi sedikit hingga kalian menemukan kecepatan yang membuat kalian nyaman.

6. Jarak Bukan Segalanya

Kesalahan yang sering dilakukan para pemula dalam berlari adalah menginginkan jarak yang jauh, hal itu merupakan pemikiran yang salah. Ketika baru mulai berlari kalian tidak perlu menentukan target jarak, cukup kalian lakukan olahraga ini secara konsisten dan berulang. Karena diawal awal berlari jarang ada orang bisa langsung berlari dengan jarak yang jauh, dan ditakutkan jika kalian telah menentukan jarak maka kalian akan terlalu memaksa diri untuk menggapai jarak tersebut.

7. Atur Pola Pernapasan

Pernapasan dalam berlari biasanya ada 2 cara, yakni lewat hidung dan lewat mulut. Ketika lewat hidung maka kalian tidak bisa mendapatkan pasokan udara yang banyak sekaligus, dan ketika lewat mulut biasanya akan mambuat tenggorokan lama lama menjadi hangat.

Biasanya di awal awal berlari dianjurkan menghirup udara lewat hidung dan dikeluarkan lewat hidung juga, ketika sudah memasuki pertengahan maka bisa di gabungkan dengan menghirup udara dari mulut dan hidung, kemudian dihembuskan lewat hidung dan mulut juga.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan dalam melakukan olahraga lari, semoga bisa bermanfaat bagi kalian.

Olahraga lari merupakan olahraga yang memerlukan konsisten dalam melakukanya, dianjurkan kalian berlari 2-4 x dalam seminggu, atau disesuaikan dengan waktu yang kalian miliki.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, jangan lupa untuk membagikan ke media sosial yang kalian miliki.

0 Response to "7 Tips Dalam Olahraga Lari Yang Bisa Kalian Lakukan Sebagai Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel