Cara Agar Bisa Tidur Lebih Awal & Cukup

Sumber Gambar Klik Disini

Setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda beda, bisa disebabkan karena ada urusan pekerjaan,  keluarga, dan banyak hal lainya. Tetapi di dalam dunia kesehatan orang dewasa itu disarankan agar tidur setidaknya 7 Jam dalam seharinya, bukan lain dan tidak bukan hal tersebut juga untuk kebaikan jasmani seseorang.

Selain itu tidur yang cukup juga dapat memperlancar sistem pencernaan menjadi lebih maksimal, dan juga membuat kita lebih bersemangat dalam mengawali hari.

Oleh karena itu tidur yang cukup merupakan salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk menjadikan badan lebih sehat dan bersemangat.

Tetapi sayangnya ada beberapa orang yang sulit untuk melakukan hal baik ini "Tidur Lebih Awal & Cukup" mungkin saja orang orang tersebut sebelumnya telah mencoba berkali kali agar bisa tidur lebih awal namun tidak kunjung berhasil.

Nah, mimin punya beberapa tips dan trik agar kalian bisa tidur lebih awal dan cukup, mimin akan coba untuk menjelasakan dengan bahasa yang semoga bisa kalian mudah untuk pahami. Oke langsung saja, inilah Tips dan Trik Agar Bisa Tidur Lebih Awal & Cukup.

1. Hindari Begadang

Aktifitas buruk ini bisa berdampak negatif jika dilakukan berulang ulang tanpa ada jeda waktu, maka akan lebih baik jika kalian tidak terlalu sering begadang. Begadang boleh boleh saja jika ada tujuan yang jelas.

Jika kalian tidak mulai meninggalkan kebiasaan ini maka kalian akan terbiasa untuk tidur lebih malam dan bisa saja kalian bangun kesiangan di hari berikutnya, orang yang terbiasa begadang biasanya akan cepat lelah dan bosan.

2. Hindari Screen Menjelang Tidur

Hal yang mimin maksud di sini tidak lain adalah Hp,  Laptop, Komputer, Tv, dan alat alat elektronik yang berhubungan dengan layar.

Karena biasanya orang bisa gagal tidur lebih awal dikarenakan oleh perangkat yang mereka gunakan, perangkat tersebut membuat dia terus kecanduan untuk menggunakannya dan akhirnya dia tidur lebih malam.

Saran mimin setelah jam 8 malam lebih baik kalian menghindari perangkat perangkat tersebut dan mulai menyiapkan diri untuk tidur, kalian bisa coba untuk minum segelas air, merapikan tempat tidur, dan melakukan hal yang bisa membuat kalian lebih rileks dan nyaman saat tidur

3. Jangan Mudah Stres

Lebih baik jika kalian jangan terlalu memikirkan masalah yang sedang terjadi pada malam hari, karena pada saat malam hari adalah waktu terbaik bagi otak untuk istirahat.

Jika kalian terlalu memikirkan masalah maka yang terjadi adalah otak kalian akan bekerja terus menerus, dan hal tersebut bisa membuat kalian menjadi stres. Itu bukanlah hal yang baik untuk terjadi!

4. Buat Tempat Tidur Menjadi Nyaman

Ini merupakan cara yang sangat berdampak besar pada kualitas tidur, tempat yang nyaman membuat tubuh kita menjadi rileks, saat tubuh rileks akan membuat kita menjadi lebih cepat untuk tidur dan bangun tepat waktu.

Alangkah baiknya jika tempat tidur tidak kalian gunakan untuk aktifitas yang lainya seperti belajar, bekerja. Hal tersebut membuat otak menjadi lebih paham mana tempat untuk Bekerja dan Belajar, dan mana tempat yang digunakan untuk Tidur & Istirahat.

5. Rileksasi

Sebelum kalian tidur kalian bisa melakukan hal ini, yakni tarik nafas, tahan, lalu buang. Hal tersebut akan memuat kalian menjadi lebih tenang dan rileks.

Setelah itu segera kalian berbaring dan mulai memejamkan mata, pastikan kalian tidak memikirkan apapun ketika hendak akan tidur sehingga kalian akan mudah berkonsentrasi.

6. Hindari Kopi (Kafein)

Maksudnya adalah lebih baik kalian menghindari minum kopi jika hendak tidur, karena yang kita ketahui bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang bisa membuat kita terjaga dari kantuk dikarenakan kafein yang ada di dalam kopi.

Kafein sendiri merupakan salah satu stimulun yang bisa membuat otak terjaga untuk sementara waktu, selain itu Kafein juga bisa ditemukan di Teh dan juga Cokelat.

Mungkin itu saja Tips yang bisa saya berikan tidak salah jika kalian ingin mencobanya, siapa tau berhasil dan bisa mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi ini.

Namun nyatanya masih banyak lagi hal hal yang bisa kalian lakukan agar bisa tidur lebih cepat dan cukup, seperti :
1. Rutin Berolahraga
2. Makan secukupnya
3. Perbanyak Minum Air Putih
4. Hindari Alkohol, Dll

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada orang lain, Sampai Jumpa.


0 Response to "Cara Agar Bisa Tidur Lebih Awal & Cukup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel