5 Cara Mudah Untuk Menghemat Memori Hp Agar Tidak Cepat Penuh, Cara Simpel dan Efisien

5 Cara dan Tips Mudah Yang Bisa Kalian Lakukan Untuk Menghemat Memori Hp

original picture yuma.my.id(edit)

Menghemat memori Hp merupakan salah satu ide cerdas yang bisa kalian lakukan agar memori Hp tidak cepat penuh, sebagai pengguna Telepon Pintar maka sudah kewajiban kita untuk merawatnya agar selalu bekerja secara baik dan juga tidak cepat rusak. 


Memang Hp keluaran tahun akhir akhir ini memiliki penyimpana memori yang besar besar mulai, 64GB, 128GB, 254GB, bahkan ada yang lebih dari itu, tapi lebih baik lagi jika kita berusaha untuk meghematnya dari awal, karena seiring dengan berjalanya waktu memori tersebut bisa saja tiba tiba penuh.


Dan bisanya jika memori sebuah Hp akan penuh yang bisanya terjadi adalah kinerja Hp yang menurun, bahkan bisa saja akan ada sistem yang tidak bisa bekerja seperti biasanya(Lemot) dan jika sudah begitu biasanya kita akan mengalami banyak masalah lagi ke depannya.


Daripada kita harus melakukan perbaikan maka lebih baik kita melakukan pencegahan "Asek", mencegahnya gimana caranya? ya menghemat tadi, trus caranya menghemat gimana? kalau itu aku akan berikan 5 Tips mudah dan langkah awal dan juga langkah "Akhir" untuk menghemat memori Sebuah Hp.


1. Eleminasi Foto dan Video 

Maksudnya gimana nih?, cukup simpel tapi kalian harus secara rutin dan konsisten dalam melakukan hal ini, jadi langkah pertama yang kalian lakukan adalah kalian buka aplikasi foto dan video kalian, setelah itu kalian lihat setiap foto dan video yang ada di Hp kalian, jika ada 

foto atau video yang menurut kalian tidak penting maka kalian bisa langsung menghapusnya saja agar tidak menjadi BEBAN memori kalian.


Hal ini bisa kalian lakukan setiap hari atau seminggu 2-3 kali jika memang kalian orang yang sibuk banget. Memang terlihat sepele, tapi berdasarkan pengalaman yang aku sendiri alami, cara ini merupakan cara yang sangat efektif dan mudah untuk di lakukan untuk mulai menghemat Memori Hp.


2. Eliminasi File Tidak Penting

Nah setelah membaca artikel ini sampai akhir coba kalian buka File Manager yang ada di Hp kalian, mungkin saja ada file yang sudah tidak kalian gunakan dan ternyata masih nyangkut di Hp, bisa jadi ukuran file tersebut besar dan menjadi penyebab memori kalian cepat penuh.


Cara ini menurut aku harus di lakukan minimal 1 kali dalam seminggu, karena setiap hari itu biasanya akan ada beberapa file yang mungkin masuk ke Hp kita, entah di kirim sama temen atau file yang kalian download sendiri, nah oleh karena itu kalian harus coba cek nih mungkin ada beberapa file yang tidak penting atau tidak kalian gunakan lagi masih tersimpan di memori Hp kalian.


3. Bersihkan Cache Aplikasi

Bagi yang belum tahu tentang cache, bisa googling sendiri! engga ko santai, nih aku kasih tau tentang cache. Cache jika di jelaskan dengan bahasa yang sederhana memiliki arti "Data sementara dari sebuah Aplikasi yang terpasang di memori Hp" Nah jika datanya sudah siap maka data akan langsung masuk ke memori Hp.


Sisa sisa yang tidak kepake lagi itu yang di namakan Cache, dan cache ini aman ya jika di hapus, tidak akan ada data yang terhapus atau hilang dari memori jika kalian menghapus cache, dan malahan di anjurkan untuk di hapus, ya buat apa lagi gitu udah tidak ke pake tapi masih ada.


Dan biasanya cache ini memiliki ukuran yang beragam dan jugan setiap aplikasi itu memiliki ukuran cache yang berbeda beda, ada yang mulai ukuran dari,puluhan-ratusan Kb, satuan-puluhan-ratusan Mb, tapi kalau sampe "Tb" kayaknya engga mungkin deh soalnya saya sendiri belum pernah mengalaminya sendiri.


jadi ya sekali lagi kalian bisa cek cache aplikasi kalian, caranya gimana?

1. Masuk ke pengaturan

2. Cari pengaturan tentang Aplikasi

3. Pilih salah satu aplikasinya

4. Masuk ke opsi penyimpanan Aplikasi

5. Hapus Cache


4. Pasang Aplikasi Seperluanya

Nah buat kalian yang hobi coba coba aplikasi, mending cek deh mungkin barang kali ada aplikasi yang udah udah tidak kalian pake lagi dan masih nyantol di Hp kalian, kalo ada dan memang engga kalian gunain lagi ya Hapus aja nunggu apa lagi.


Tapi jika memang ada aplikasi yang jarang banget nih kalian gunain mungkin saat ada perlunya atau seminggu 1-2 kali atau bahkan sebulan beberapa kali, soal itu kalian coba pikir sendiri, jika memang masih butuh ya simpen aja, jika engga terlalu butuh ya menurut saya uninstall dan insatall ulang saat butuh(Tidak di Rekomendasikan). 


5. Tambah Memori Eksternal

Cara ini menurut aku bisa kalian lakukan saat kepepet banget, ya engga harus ke pepet juga sih kaya antisipasi aja gitu, memori hampir penuh dan masih banyak data data dan file yang harus masuk ke Hp kalian, dan ya cara ini bisa kalian lakukan untuk menghemat memori kalian.


Saran saya sih saat beli memori eksternal itu upayakan sesuai dengan kebutuhan kita, jika butuh 8Gb ya beli aja 8Gb, tapi ya balik lagi terserah kalian, tapi Hal PENTING saat membeli memori eksternal, kalian cek dulu berapa kapasitas maksimal memori eksternal yang bisa di tampung oleh Hp kalian.


Karena setiap Hp itu memiliki batas memori eksternal yang berbeda beda, jadi jangan sampai batas memori eksternal kalian 32Gb kalian malah beli Memori Eksternal 64Gb, jadinya kan engga lucu ya, wkwkwkwkwk.


Itulah 5 Tips mudah yang bisa kalian lakukan untuk memulai dalam menghemat memori Hp kalian, jika kalian rasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini ke media sosial yang kalian miliki, agar sama sama bermanfaat bagi orang lain.


Jika ada kesalahan kata atau kalimat yang mungkin bisa menyinggung seseorang, kami meminta maaf yang sebesar besarnya, karena hal tersebut merupakan hal yang di luar renacana kami.


Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini hingga selesai, sekali lagi "Semoga Bermanfaat" sampai jumpa lagi

Wassalamualaikum.








Posting Komentar

0 Komentar