Mata Uang Terkuat Di Dunia, Bukan Poun Sterling Atau Dollar

Mata Uang Tertinggi Dan Terkuat Di Dunia, Bikin Dollar Jadi Nangis

Mata Uang Tertinggi Di Dunia- Kalau kita ngomongin tentang mata uang,pasti di setiap negara memiliki mata uang yang berbeda dari negara yang lain.

Gambar Mata Uang Dinar Kuwait,Mata
Uang Terkuat Di Dunia, Sumber Pexels.com

Perbedaan tersebut mengakibatkan terjadinya perbandingan nilai tukar antar mata uang atau disebut juga dengan kurs.

Nilai tukar Mata Uang dari suatu negara ke negara lain pasti akan menghasilkan hasil yang berbeda, tergantung berapa banyak permintaan dan penawaran yang terjadi di suatu negara

Dan pastinya ada Negara yang memiliki nilai Tukar yang sangat tinggi terhadap negara lain bahkan nilai tukar tersebut bisa membuat suatu negara Bangkrut

Lalu Mata Uang apa saja itu? Mari kita bahas satu persatu, inilah 6 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Tertinggi Di Dunia


1. Dinar Kuwait (KDW)

Di urutan pertama kita memiliki Dinar Kuwait atau biasanya disebut juga KDW. Dilansir Dari Data Perdagangan Valas terbaru, 1 Dinar Kuwait bila di tukar ke Dollar Amerika maka akan menjadi 3,27 USD atau setara dengan Rp 46.510.

Penyebab kurs Mata Uang negara ini tinggi adalah, karena negara ini menggunakan standar nilai tetap, intinya di dalam aturan moneter dunia, setiap negara bisa menetapkan 3 jenis Rezim nilai tukar Mata Uang.

3 Jenis Rezim tersebut terdiri dari Floating= Mengambang, Flat= Tetap, Dan campuran dari kedua Rezim di atas.

Penyebab lain dari Tingginya kurs mata uang ini karena Negara Kuwait merupakan penghasil Minyak Terbesar.


2. Dinar Bahrain (BHD)

Di urutan kedua kita memiliki Dinar Bahrain sebagai Mata Uang Tertinggi Di Dunia, 1 Dinar Bahrain itu sama dengan 2,65 Dollar Amerika,atau Rp 37.680.

Bahrin merupakan negara yang kecil, dan dengan penduduk yang ada sekitar 1 juta saja.

Negara ini memiliki Mata Uang Tinggi karena memiliki pendapatan terbesar dari ekspor Minyak.


3. Riyal Oman (OMR)

Di urutan ketiga kita ada Riyal Oman sebagai mata uang tertinggi di dunia, 1 Riyal Oman setara dengan 2,6 USD atau jika dirupiahkan adalah Rp 36.900.

Karena tingginya mata uang negara ini, pemerintah Oman sampai mengeluarkan uang kertas pecahan ¼ dan ½ Riyal Oman guna untuk mengakomodasi transaksi yang bernilai kecil.

Hasil utama dari negara Oman adalah minyak yang menjadi sumber kekayaan negara ini,dan juga ditunjang dari Kawasan Pantai Gurun Muskat yang menjadi tempat favorit wisatawan.


4. Dinar Yordania (JOD)

Urutan keempat kita memiliki Dinar Yordania sebagai mata uang tertinggi di dunia, 1 Dinar Yordania setara dengan 1,41 USD atau sama dengan Rp 20.030.

Berbeda dari tiga negara di atas, Yordania bukanlah negara yang menggantungkan diri kepada Minyak. Apabila Dollar Amerika menguat,maka Dinar Yordania juga akan ikut menguat.


5. Poun Sterling Inggris (GBP)

Di urutan kelima kita memiliki Poun Sterling Inggris sebagai mata uang tertinggi di dunia, 1 Poun Sterling Inggris sama dengan 1,33 USD atau jika dirupiahkan Rp 18.715.

Poun Sterling Inggris menjadi mata uang terkuat di Benua Eropa,dan menjadi mata uang tertua di dunia, karena sudah ada sejak 600 tahun dan tidak pernah berubah.

Poun Sterling Inggris pernah menjadi mata uang terkuat pertama di dunia,hingga akhirnya terus digeser oleh mata uang di atas.


6. Dollar Cayman (KYD)

Di urutan terakhir kita memiliki Dollar Cayman, 1 Dollar Cayman jika di ubah ke dolar adalah 1,3 USD atau jika di rupiahkan Rp 17.000.

Cayman merupakan negara yang memiliki 3 pulau yaitu ( Cayman Besar, Cayman Brac, Cayman Kecil.

Menguatnya mata uang negara ini dikarenakan adanya beberapa faktor,salah satunya adalah perekonomian negara yang stabil, selain itu pendapatan terbesar didapat dari pariwisata dan Perbankan Internasional.


==============================

Itulah data mata uang tertinggi dan terkuat di dunia, data di atas sewaktu waktu bisa saja berubah sesuai kebijakan di setiap negaranya.

Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai,semoga mendapatkan ilmu baru yang bisa bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar