3 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

CARA MENGHILANGKAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL!!!!

Salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan seseorang adalah dengan menggunakan Media Sosial (Medsos)

Search : Pixabay


Tidak bisa di pungkiri. Pengguna Media Sosial terbanyak adalah Facebook,dengan pengguna lebih dari 5 miliar yang tersebar di seluruh dunia,jadi lebih dari setengah penduduk di bumi sudah menggunakan aplikasi tersebut!!


Baca Juga : 5 Tempat Yang Harus Dikunjungi Kaum Introvert


Lalu di susul dengan Instagram, Twitter dan media sosial lainnya. Tapi menurutmu, apakah Media Sosial sudah mendatangkan hal yang positif atau malah mendatangkan hal negatif? Dan juga, apakah kamu sudah menggunakan Media Sosial untuk hal semestinya?


Jika kita sudah lama menggunakan Media Sosial atau mungkin baru mencoba,pasti ada masa di mana kita terus terusan menggunakannya (Medsos) tanpa memikirkan waktu yang terbuang sia sia.


Bahkan kita tidak mengerti dan tidak mempunyai tujuan kenapa membuka Medsos tersebut,dan akhirnya,ya kita cuma scroll scroll sampai berjam jam tanpa ada manfaatnya.


Jika kalian bijak dalam menggunakan Medsos,kalian akan menggunakannya jika kalian ada perlu yang sangat penting dengan orang.


Kebiasaan membuka Medsos tanpa ada tujuan bisa membuat anda kecanduan dan hari hari anda mungkin hanya anda gunakan untuk bermain medsos.


Lalu, bagaimana cara agar kita bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut? Saya akan berikan caranya sesuai pengalaman saya mulai dari Rendah-Medium-Tinggi.


1. JANGAN SAMPAI KALIAN MEMBUKA    MEDSOS (Rendah)

Cara ini bisa berlaku jika kalian mau mencobanya terus menerus, jika kalian mempunyai keinginan membuka Medsos.


Kalian pikir dulu tujuan yang ingin kalian lakukan,jika sekiranya tujuan itu bermanfaat seperti melihat postingan edukasi maka kalian boleh membukanya,tapi setelah melihat postingannya kalian langsung keluar dari aplikasi tersebut agar tidak terdistraksi ke halaman yang tidak bermanfaat.


Sebaliknya jika tujuan kalian tidak bermanfaat,maka tidak usah kalian buka Medsosnya.Karena hanya akan membuat mata lelah,dan membuang waktu.


Jadi pikirkan tujuannya jika kalian mau membuka Medsos (Berdampak Baik atau Tidak)


2. KUNCI MEDSOS KALIAN (Medium)

Dengan cara ini kalian tidak bisa mengakses ke media sosial.


Cara ini cara yang lumayan sulit di lakukan karena bagi yang sudah kecanduan dengan Medsos,maka mereka akan terus merasa ingin membukanya.


Tapi jika kalian ingin melakukan/mendapatkan sesuatu maka harus ada perjuangan dan bahkan paksaan yang bisa membuat kita menjadi lebih baik.


Kalian bisa menguncinya dengan aplikasi tambahan atau dengan bawaan gadget kalian.


Kalian bisa gunakan waktu yang bisa kalian gunakan untuk bermain Medsos,dengan hal yang lebih produktif dan bermanfaat.


3. HAPUS MEDSOS KALIAN ( Tinggi)

Hal ini yang sedang saya lakukan untuk meminimalisir penggunaan media sosial saya.


Aplikasi Medsos yang sering saya gunakan adalah (Instagram, Facebook, Twitter) dan ada juga aplikasi TikTok yang menguras banyak waktuku.


Kalian bisa lakukan hal ini bertahap mulai dari menghapus selama 1 hari,1 minggu ,1bulan atau bahkan lebih,kalau Target aku adalah menghapus Medsos selama 1 Bulan.


Cara ini mungkin sebagian orang tidak setuju karena terlalu ekstrem,tapi menurutku ini adalah cara yang paling baik dan bermanfaat sekali.


Dan dengan menghapus Medsos aku mulai bisa fokus dengan pelajaran dan hal hal lainnya.


Oke itulah cara bertahap yang aku gunakan untuk meminimalisir penggunaan media sosial milikku.


Sebenarnya Medsos itu bisa berdampak baik dan juga bisa berdampak buruk,Itu Semua Tergantung Siapa Yang Menggunakan Dan Bagaimana Menggunakannya,


Sama halnya dengan bom nuklir,bom nuklir bisa melukai dan membunuh banyak orang tapi juga bisa menghasilkan energi yaitu listrik,jadi dampak buruk dan baiknya suatu hal itu terjadi karena penggunanya sendiri


Gunakan sesuatu

Gunakan suatu hal dengan fungsinya jangan sampai salah dalam menggunakannya apalagi berlebihan.


Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai bawah:)





Posting Komentar

0 Komentar