Tutorial Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh Android


Bagaimana Tutorial Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Android Yang Hampir Penuh?

Android Merupakan Alat Kebutuhan Yang Berperan Penting Dalam Kehidupan sehari Hari.
Android biasanya di gunakan untuk menyimpan beberapa file seperti foto,video,musik,maupun file data pekerjaan. Biasanya kebanyakan orang menyimpan data file di penyimpanan Internal.

Baca Juga : 5 Tempat Yang Harus Dikunjungi Kaum Introvert

                                                                   source : google image

Apakah yang dimaksud penyimpanan internal?

Memori internal adalah memori yang tidak bisa dicabut dari perangkat,yang kebanyakan sudah berbentuk chip dan terpasang di PCB (atau istilahnya sudah tersolder dan permanen).

Kalian pasti pernah mengalami kejadian,saat akan mendownload aplikasi di playstore kadang muncul pemberitahuan bahwa penyimpanan tidak cukup atau penyimpanan tersisa 80% Apakah yang menyebabkan penyimpanan cepat penuh?

sebelum mulai membahas cara mudah mengatasinya akan ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab penyimpanan internal hampir penuh dan ruang tidak cukup.penyebab kedua hal tersebut karena 2 faktor yakni :

Faktor pertama penyebab penyimpanan internal hampir penuh dan ruang tidak cukup memori internal sudah terbilang cukup besar yakni 8-16 gb namum aplikasi bawaan rom pabrikan terlalu banyak sehingga membuat ruang penyimpanan internal terpakai banyak.

                                                                    source: google image 

Faktor pertama ini sering di temui pada samsung galaxy j series yang memiliki memori internal 8 gb ,8 gb internal sudah di penuhi oleh aplikasi bawaan ,hingga ruang kosong memori tersisa 20-30%

Faktor kedua pemyebab penyimpanan internal hampir penuh dan ruang tidak cukup karena kesalahan pengguna dalam memanfaatkan penyimpanan pada memori internal,seperti banyak file besar yang tidak seharusnya di simpan di memori internal dll.

Berikut ini 6 Cara mengatasi penyimpanan internal hampir penuh dan ruang tidak cukup menurut versi saya pribadi :

1.Hapus file yang tidak di gunakan
 Menghapus file yang tidak di gunakan menurut saya adalah cara yang sangat efisien,karena dengan menghapus file yang tidak di gunakan di penyimpanan internal maka anda telah meringankan kerja ponsel anda,karena biasanya kita lupa bahwa ada file yang tidak di gunakan di ponsel kita dan akhirnya menjadi sampah di hp kita,dan akan membuat kerja ponsel menjadi lambat.

2.Memindahkan beberapa Aplikasi ke penyimpanan (kartu SD)
 Menurut saya hampir semua orang mempunyai MEMORI(SD) di masing masing android.Memindahkan beberapa aplikasi ke kartu Sd menurut saya merupakan cara yang terbaik untuk mengurangi beban penyimpanan di internal.

3.Ganti aplikasi standar menjadi aplikasi LITE
 Mengganti aplikasi standar menjadi aplikasi lite merupakan cara yang sangat mudah,karena ukuran dari aplikasi lite bisa di katakan jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan aplikasi standar,dengan ukuran aplikasi yang kecil maka ponsel anda tidak akan terbebani menyimpan file lainya.

4.Menghapus aplikasi yang tidak di gunakan
 Dengan menghapus aplikasi yang tidak di gunakan anda,sudah membuat ponsel anda bekerja lebih baik dan cepat

5.Hapus File Cache Hp Android
Selain cara diatas, anda juga perlu membersihkan samua cache pada sistem android anda baik itu dari browsing maupun penggunaan aplikasi. Untuk membersihkannya, anda bisa gunakan aplikasi clean master atau aplikasi pembersih lainnya.

 Cara menghapus file cache hp android secara cepat

 Buka menu “Pengaturan“.
 Pilih “Setelan > Manajemen Aplikasi > Semua“.
 Lalu cari “Nama Aplikasi” kemudian tap “Hapus Cache”

 6.Pakai Aplikasi Cleaner
 Sebelumnya sudah tahu belum apa itu Aplikasi Cleaner? Aplikasi Cleaner ini berfungsi untuk     mengoptimalisasi Smartphone. Baik itu dalam segi performa maupun penggunaan data.

Well, misalnya seperti penghapusan Cache. Tadi kita sudah melakukannya secara manual. Tapi, dengan Aplikasi Cleaner ini penghapusan tersebut bisa dijalankan otomatis.


 Caranya bisa ikuti langkah-langkah ini :

 1. Install Aplikasi Cleaner dari Playstore (Ketik Cleaner akan banyak pilihannya)
 2. Kemudian buka Aplikasinya
 3.Setelah itu di menu utama cukup ketuk tombol Bersihkan
 4. Tunggu prosesnya sampai selesai
    Aplikasi Cleaner memang praktis banyak dan menghemat waktu.


 Mungkin segitu saja Tutorial Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Yang Hampir Penuh Di Android, semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar